fbpx

Membangun Brand melalui Packaging, Seni Marketing dari Mata Jatuh ke Hati

Membangun Brand melalui Packaging, Seni Marketing dari Mata Jatuh ke Hati

September 5, 2018 RotiJohnNews 0
kemasan baru roti john Mr. John

“Ini pasti enak deh, kayak di gambarnya…”

Kita pasti sering banget ndengerin pernyataan demikian ketika seseorang mendapati makanan dengan kemasan yang unik. Ternyata secara tidak langsung, sebuah kemasan bisa menyelundup menjadi alat untuk branding. Ya, sebagai “silent salesman product” dalam membangun loyalitas konsumen terhadap produk.
Dalam merintis sebuah usaha, branding merupakan upaya strategis yang dilakukan untuk memperkuat nilai suatu brand atau merk. Jika dikaitkan dengan branding sebuah produk, maka branding seringkali diterapkan pada packaging atau kemasan untuk menambah nilai jual suatu produk. Dalam marketing, packaging merupakan sarana komunikasi sebuah produk. Packaging menjadi sarana terbaik untuk mendorong konsumen untuk membeli sebuah produk dan untuk membangun loyalitas konsumen terhadap produk. Sebab, packaging bisa menjadi “personal statement” bagi konsumen untuk menunjukkan jati diri mereka.
Dalam kenyataannya, packaging sebuah produk ternyata memang sangat mempengaruhi minat pembelian dan banyaknya penjualan. Mengapa bisa demikian?
Karena packaging adalah daya tarik utama pengunjung. Apalagi jika konsepnya sangat eyecatching. Bisa dibayangkan jika Anda merintis sebuah unit usaha baru dengan brand yang belum dikenal publik sebelumnya, tentunya para pengunjung outlet Anda atau para pengunjung yang sekadar melintasi outlet Anda akan bertanya-tanya dan menimbang-nimbang ketika akan membeli. Namun jika packaging produk Anda terlihat sangat eyecatching dan unik maka pengunjung akan memutuskan untuk membeli produk Anda tanpa berfikir panjang.
Kebanyakan para pengusaha di luar sana berpikir bahwa kualitas sebuah produk dan cara pemasaran jauh lebih diutamakan untuk meningkatkan penjualan, dibandingkan fokus pada packaging produk. Padahal hal ini adalah daya tarik utama sebuah produk. Tanpa bermaksud tidak memperhatikan kualitas produk, packaging yang eyecatching adalah daya tarik utama pengunjung untuk datang membeli. Seperti istilah para pujangga

“Dari mata turun ke hati..”