5 Tips Menjalankan Bisnis Waralaba Makanan Yang Wajib Anda Pertimbangkan!

5 Tips Menjalankan Bisnis Waralaba Makanan Yang Wajib Anda Pertimbangkan!

May 28, 2019 Uncategorized 0
franchise roti john

Waralaba makanan dipercaya merupakan salah satu dari sekian banyak bisnis yang tidak terlalu terkena imbas krisis.
Alasannya karena semua orang setiap hari butuh makanan, sehingga otomatis pasti dicari orang. Sekarang tinggal bagaimana kita mengemas bisnis tersebut  sehingga layak untuk dijual. Yang jelas, faktor paling mendasar adalah rasa dari makanan yang dijual. Setelah itu untuk dapat sukses diperlukan strategi yang fokus serta komitmen penuh. Bila Anda tidak mahir memasak tapi tertarik ingin membuka bisnis makanan, cukup dengan membeli lini kuliner waralaba alias franchise. Salah satunya adalah membeli paket bisnis waralaba Mr. John.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis waralaba dengan modal kecil, berikut kami rangkumkan beberapa tipscara memulai waralaba makanan yang bisa Anda coba untuk memulai usaha baru.

  1. Pilihlah Brand yang Tepat. Tips pertama adalah memilih brand waralaba makanan yang tepat jika Anda tidak terlalu pandai memasak, pilihlah jenis waralaba yang mudah dijalankan dengan tenaga pemasak yang bisa kamu rekrut. Selain itu, lirik waralaba yang punya banyak peminatnya dan memiliki banyak outlet sehingga sudah dikenal, misalnya saja waralaba makanan camilan kekinian yang banyak digemaari ada muda seperti Mr. John.
  2. Pelajari Brand dengan Baik. Tips waralaba makanan yang kedua adalah pelajari brand dengan baik. Setelah memilih brand waralaba, pastikan untuk mempelajari syarat dan ketentuan yang diberikan dengan teliti. Jangan sampai karena kamu sudah cocok lalu langsung menandatangani kontrak. Perhatikan terlebih dahulu ukuran booth yang diberikan, kisaran harga jual, banner, bahan baku, kemasan waralaba, royalti atau komisi yang dikenakan, serta standard operating procedures (SOP) yang berlaku.
  3. Pilih lokasi yang strategis. Tips waralaba makanan modal kecil yang ketiga adalah pilih lokasi yang strategis. Untuk menentukan lokasi berjualan yang strategis ini, kamu harus menemukan yang cocok dengan pilihan waralabamu. Misalkan saja kamu mengambil waralaba makanan modal kecil, maka kamu harus mengambil lokasi di dekat sekolah atau universitas, jangan di area perkantoran karena segmentasi pasar yang dibidik adalah anak muda seperti pelajar dan mahasiswa. 
  4. Hitung dengan Matang Pengeluaran. Tips waralaba makanan modal kecil yang keempat adalah hitung dengan matang pengeluaran. Hitunglah biaya waralaba yang dipatok oleh franchisor, sewa tempat, listrik, hingga gaji pegawai jika ingin menggunakan pegawai. Nantinya setelah bisnis waralaba sudah berjalan, kamu harus tetap rutin membuat perhitungan setiap bulan.
  5. Siapkan Modal jika semua Tips di atas sudah Anda Jalankan.
    Tips waralaba makanan modal kecil yang kelima adalah Anda harus menyiapkan modal. Membuka gerai waralaba makanan memang memiliki modal yang tidak sedikit  karena kebanyakan waralaba mematok harga franchise puluhan bahkan hingga ratusan juta. Tapi jika dana yang Anda miliki terbatas, ternyata masih ada kok waralaba makanan yang hanya membutuhkan modal di bawah Rp 15 juta yakni Mr. John.

Selain itu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan  lagi saat memulai usaha franchise. Biasanya para pebisnis memilih produk dengan brand awareness tinggi yang sudah teruji di pasaran. Itulah patokan yang harus jadi pertimbangan, apakah sebuah franchise layak dipilih atau tidak. Apalagi, orang-orang cenderung membeli produk yang akrab di telinga. Meski begitu, sebagian orang juga tidak secara otomatis membeli produk hanya dikarenakan mereknya yang terkenal. Untuk itu, pebisnis franchise tetap harus melakukan upaya-upaya kreatif agar membuat orang-orang tertarik membeli produk yang ditawarkan.

Waralaba di Indonesia saat ini tercatat hampir 2.000 brand dengan 300 di antaranya merupakan brand asing. Ada tiga jenis waralaba yang paling banyak diminati. Yaitu kuliner, retail dan pendidikan seperti tempat kursus atau bimbel. Franchise makanan di Indonesia terus tumbuh dan berkembang. Salah satu yang melatarbelakangi pertumbuhan ini adalah paket ekonomi yang digulirkan pemerintah dalam memberikan insentif kemudahan dalam berwirausaha.

Selain itu, dukungan adanya e-commerce yang menawarkan jasa pesan-antar juga memudahkan penggemar kuliner untuk menikmati menu-menu yang ditawarkan pebisnis franchise tanpa harus keluar rumah. Kehadiran franchise makanan nyaris tak ada matinya. Wajar, mengingat pangan adalah kebutuhan primer, setiap orang pasti butuh makan dan minum tiap hari. Itulah sebabnya bisnis ini digadang-gadang cepat mendatangkan laba.

Franchise atau waralaba merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang lebih besar dan kesuksesannya bisa mencapai 70 persen. Terutama franchise yang telah memiliki branding cukup dikenal seperti franchise Mr. John. Dibandingkan jika menggunakan branding sendiri dan harus melakukan promosi dan pastinya membutuhkan biaya promosi lebih besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *